Departemen Pendidikan Sosiologi FISHIPOL UNY Jalin Kerja Sama dengan MAN 2 Sleman dalam Rangka Pengembangan Media Pembelajaran Sosiologi Berbasis TI

Dalam rangka meningkatkan kompetensi pendidik dan memperluas jaringan, Departemen Pendidikan Sosiologi FISHIPOL UNY baru-baru ini menjalin kerja sama strategis dengan  salah satu sekolah menengah atas, yaitu Madrasah Aliyah Negeri 2 Sleman. Kerja sama ini memiliki tujuan khusus untuk meningkatkan kompetensi guru dalam penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi, sebagai upaya menjawab tantangan pembelajaran di era digital. Kerjasama akan fokus pada kegiatan pelatihan bagi guru sosiologi di lingkungan MAN 2 Sleman dengan penekanan pada beberapa aspek antara lain: penyusunan media pembelajaran sosiologi berbasis TI, pendampingan penyusunan media pembelajaran sosiologi berbasis TI, dan pengembangan media pembelajaran sosiologi berbasis TI. Kerjasama ini diresmikan dalam acara penandatanganan yang diselenggarakan di MAN 2 Sleman pada hari Selasa, 05 Maret 2024, yang selanjutnya dapat memperjelas komitmen bagi Departemen Pendidikan Sosiologi FISHIPOL UNY dan MAN 2 Sleman untuk bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan.

H. Edi Triyanto, S.Ag, S.Pd, M.Pd selaku kepala sekolah MAN 2 Sleman menyambut baik kerja sama yang dijalin. Beliau menambahkan bahwa pelatihan pengembangan media pembelajaran sosiologi ini merupakan langkah tepat dalam menjawab tantangan dinamika sosial yang sangat mudah mengalami perubahan. Harapan Kepala Sekolah pada kerja sama ini adalah guru terus menerus mempelajari hal-hal baru yang berguna untuk mengembangkan metode dan strategi untuk menguatkan kemampuan anak didik. Selain itu disampaikan pula bahwa sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang sangat dekat dengan anak didik, sehingga mata pelajaran sosiologi diharapkan mampu membentuk perilaku yang sesuai dengan apa yang diharapkan lingkungannya.

Dr. Grendi Hendrastomo, MA.,M.M. selaku perwakilan dari Departemen Pendidikan Sosiologi FISHIPOL UNY menambahkan bahwa kerja sama yang dilakukan ini tidak hanya sebagai upaya peningkatan kemampuan pengembangan media pembelajaran bagi guru saja, melainkan menjadi salah satu sumber kegiatan yang bisa digunakan untuk pembelajaran bagi para calon guru mengenai keadaan apa yang terjadi di lapangan. Sehingga sinergitas antara Departemen Pendidikan Sosiologi FISHIPOL UNY dan MAN 2 Sleman akan membawa manfaat positif bagi semua pihak yang terlibat.

Kesepakatan kerja sama ini menjadi langkah awal untuk membangun pendidikan yang siap menjawab tantangan teknologi dan meraih peluang ketersediaan teknologi yang terus berkembang. Harapannya, kolaborasi ini akan menjadi langkah penting dalam menciptakan endidik berkualitas dan mencapai tujuan pendidikan. (Indra RN).