Bergerak, Berdampak: melalui Kegiatan Sosiologi Mengajar ke-11

Sosiologi Mengajar dan Bakti Sosial adalah program kerja Hima Pendidikan Sosiologi UNY berupa pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan melalui kegiatan pendidikan alternatif berbasis komunitas. Nantinya, kegiatan Sosiologi Mengajar ke-11 sekaligus Bakti Sosial akan membersamai dan juga membimbing para anak-anak untuk belajar bersama dan melakukan aksi nyata sebagai proses belajar bersama. Hal ini tentu sejalan dengan konsep kegiatan yaitu pengabdian masyarakat, yang mana salah satu caranya dapat melalui sektor pendidikan. Kami sadar betul bahwa kami mahasiswa yang mengemban tanggung jawab sebagai “Agent of Change” didalam masyarakat, perlu untuk melakukan dan membimbing masyarakat untuk menuju ke tatanan sosial yang lebih baik.

              Kegiatan Sosiologi Mengajar ke-11 Tahun 2023 mengusung tema besar yaitu "Anak Bangsa Cinta Lingkungan", dengan tagline "Kelola sampah, kelola limbah, lingkungan pun kembali indah!". Lingkungan merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang diciptakan untuk membantu dan memenuhi semua kebutuhan manusia. Kelestarian lingkungan merupakan hal yang sangat penting untuk kita jaga dan lestarikan keberadaannya. Banyak sekali hal yang mendasari kami untuk mengangkat tema tersebut pada kegiatan Sosiologi Mengajar kali ini. Namun, hal yang paling mendasari adalah masih kurangnya kesadaran pengolahan sampah oleh masyarakat disekitar kita. Hal ini tentu penting karena akan ada dampak yang ditimbulkan apabila pengolahan sampah tidak benar dan baik bahkan tidak dilaksanakan. Terdapat beberapa dampak yang mungkin terjadi akibat penanggulangan sampah yang salah, yang pertama yaitu pencemaran lingkungan dan ekosistem, terancamnya kualitas kesehatan masyarakat dan masih banyak lagi. Kurangnya partisipasi komunitas kreatif dalam menyelesaikan proses pengelolaan 3R juga merupakan salah satu faktor rendahnya kegiatan pengelolaan sampah di lingkungan masyarakat.

              Sosiologi Mengajar ke-11 diadakan di Dusun Pager Gunung II, Sitimulyo, Piyungan, Bantul. Daerah tersebut dipilih karena merupakan daerah yang sangat dikenal akan isu lingkungannya yang juga menjadi lokasi TPST di Yogyakarta. Aksi pengelolaan sampah memang sudah dilakukan di Dusun Pager Gunung II, namun kegiatan tersebut hanya difokuskan pada generasi tua saja. Padahal, kualitas generasi muda adalah poin penting dari majunya suatu daerah atau wilayah. Akan tetapi, generasi muda di Dusun Pager Gunung II tidak dilibatkan dalam kegiatan pengelolaan sampah apa pun dan hal ini sangat membuat generasi muda di Dusun Pager Gunung II minim bekal dalam menjaga lingkungan. Harapannya melalui kegiatan Sosiologi Mengajar ini, dapat bermanfaat bagi generasi muda di daerah tersebut, khususnya dalam hal pembekalan pemeliharaan lingkungan sekitar. Setidaknya, kegiatan ini dapat menjadi salah satu cara alternatif untuk mengantisipasi supaya generasi seterusnya tidak merasakan hal yang lebih parah, seperti keadaan lingkungan yang lebih kotor dan menyebabkan penurunan Kesehatan dan kenyamanan.

              Sosiologi Mengajar ke-11 sekaligus Bakti Sosial akan dilaksanakan selama lima kali pertemuan, yaitu pertemuan pertama untuk kegiatan sosialisasi pada Sabtu, 30 September 2023 dan empat kali pertemuan selanjutnya merupakan kegiatan inti yaitu pada Sabtu tanggal 7, 14, 21 dan 28 Oktober 2023. Sasaran kegiatan Sosiologi Mengajar  adalah anak-anak usia 7-15 tahun dengan jumlah 40 anak dan masyarakat di Dusun Pager Gunung II.

              Sosiologi Mengajar akan melaksanakan beberapa kegiatan sebagai misi untuk menacapai visi yang telah ditetapkan. Beberapa kegiatan tersebut seperti, nonton bersama film cinta lingkungan, gerakan menanam pohon, membuat poster kampanye menjaga lingkungan, belajar memilah sampah organik dan non organik, literasi isu lingkungan, gerakan mencuci tangan, mendengarkan dongeng cinta lingkungan, membuat prakarya daur ulang sampah organik dan non organik dan pemberian fasilitas penunjang kegiatan Pembelajaran bagi sasaran kegiatan.

              Semoga kegiatan Sosiologi Mengajar ini dapat menjadi wadah kecil bagi lahirnya kesadaran akan kelestarian dan kecintaan terhadap lingkungan. Spirit Sosiologi. (Dzakiyya)