Prodi Pendidikan Sosiologi Mendapat Kunjungan dari Departemen Sosiologi FISIP UNAIR; dalam Rangka Penandatanganan MoA (Memorandum of Agreement) dan Sharing Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Kamis, 09 Desember 2021 Prodi Pendidikan Sosiologi mendapat kunjungan dari Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga, bertempat di Ruang Ki Hajar Dewantara FIS UNY. Pada kesempatan kunjungan kali ini, rombongan dari Departement Sosiologi UNAIR dibersamai oleh Prof. Dr. Bagong Suyanto, M.Si. selaku Dekan FISIP UNAIR, Dr. Septi Ariadi, M.Si. selaku ketua prodi Sosiologi UNAIR, dan 8 dosen dari Departemen Sosiologi lainya. Selain dari Departemen Sosiologi UNAIR, kunjungan juga dihadiri oleh Prof. Dr. Siti Irene Astuti Dwiningrum dan Mariani, M.A. selaku dosen dari Prodi Kebijakan Pendidikan FIP UNY, serta ketua jurusan dan dosen dari Prodi Pendidikan Sosiologi FIS UNY. Acara diawali dengan sambutan dan ucapan selamat datang Dr. Suhadi Purwantara, M.Si. selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial UNY, dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan FISIP UNAIR, sekaligus memperkenalkan dosen dari Departemen Sosiologi UNAIR yang hadir pada kunjungan kali ini. Selanjutnya, dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas Ilmu Sosial UNY dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNAIR, yang harapannya akan berlanjut dalam implementasi kerja sama di bidang penelitian, jurnal, pengabdian masyarakat, maupun bidang akademik lainnya.

Beranjak ke acara selanjutnya, yaitu sharing pengalaman pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Prodi Pendidikan Sosiologi FIS UNY, yang disampaikan oleh Bapak Grendi Hendrastomo, M.M.,M.A. selaku Koordinator MBKM Prodi Pendidikan Sosiologi. Pada kesempatan sharing kali ini, beliau menyampaikan tentang bagaimana proses penyusunan dan penyempurnaan kurikulum MBKM, proses menjalin kerja sama dengan mitra untuk pelaksanaan Kurikulum MBKM, dan implementasi MBKM pada mahasiswa terutama terkait dengan kegiatan belajar di luar kampus dan proses ekuivalensi yang sudah dilakukan. Pada kegiatan diskusi, tanggapan disampaikan oleh  Dr. Tuti Budi Rahayu, M.A., yang merupakan koordinator MBKM dari Departemen Sosiologi FISIP UNAIR, yang menanyakan tentang bagaimana proses ekuivalensi agar tetap sesuai dengan CPL prodi pada kegiatan belajar di luar kampus yang berbasis Flagship dari Kemdikbudristek seperti Kampus Mengajar dan Magang Bersertifikat. Pertanyaan ini ditanggapi oleh Bapak Grendi Hendrastomo, M.M.,M.A. dan Ibu Nur Endah Januarti, M.A. selaku tim MBKM prodi, yang menjelaskan tentang pengalaman Prodi Pendidikan Sosiologi dalam melakukan proses ekuivalensi dengan tetap menyesuaikan program yang dilakukan mahasiswa dengan CPL (Capaian Pembelajaran Lulusan) prodi. Selanjutnya, diskusi berlanjut tentang kelanjutan kerja sama antara Prodi Pendidikan Sosiologi FIS UNY dengan Departemen Sosiologi FISIP UNAIR, terutama berkaitan dengan implementasi Kurikulum MBKM, seperti pertukaran pelajar, dan sharing keterampilan untuk kegiatan asistensi mengajar di satuan Pendidikan, serta kerja sama pada jurnal dari kedua Lembaga tersebut.

Harapannya, pasca pembahasan dan penandatanganan kerja sama ini, dapat berlanjut dengan jalinan kerja sama dalam berbagai aspek untuk mendukung peningkatan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta implementasi Kurikulum MBKM.