MAHASISWA

Isi: 

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi merupakan organisasi mahasiswa di tingkat program studi Pendidikan Sosiologi. Himpunan Mahasiswa ini mulai ada sejak tanggal 22 Mei 2007. Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi memiliki program kerja dan formasi pengurus yang sesuai dengan visi dan misi Himpunan Mahasiswa. Berikut ini Profil masing-masing divisi dalam struktur pengurus Hima Pendidikan Sosiologi tahun 2019.

PENGURUS INTI (PI)

PI adalah pengurus inti dari setiap organisasi dan memiliki tanggung jawab dari semua divisi. Pengurus inti terdiri dari Ketua yang diketuai oleh Septa Dwi Nugroho, Wakil ketua Syafullah Nur Ardyansyah. PI juga memiliki sekretaris yakni, Sekretaris I yaitu Renita Dewi Anggraeni, Sekretaris II Annisa Anggraeni serta dua bendahara yaitu, Aninndya Ratna Puspita Daevy Saifa sebagai bendahara I dan Zakia Listya Asmarany sebagai bendahara II. Program kerja dari divisi PI meliputi : Ketua yaitu menjaga hubungan eksternal Hima Dilogi dengan Hima lain serta menjaga hubungan yang baik dengan masyarakat. Ketua menjadi penopang dan pemimpin untuk mengarahkan Hima Dilogi. Wakil ketua memiliki program kerja yaitu menjaga hubungan internal kepengerusan HIMA. Menguatkan intern pengurus hima yang dilakukan melalui rapat umum dan rapat PIPH, selain itu wakil ketua juga mempunyai tugas untuk Upgrading dengan tujuan mempererat tali persaudaraan antara sesama pengurus Hima Dilogi. Sekretaris berurusan dengan kesekretariatan dan administrasi, meliputi pembuatan matrix program kerja, revitalisasi perangkat administrasi seperti memperbaharui kotak surat, pengelolaan papan informasi dan proker, notulensi rapat, mencatat inventarisasi kekayaan Hima, serta memimpin forkom komunikasi untuk sekretaris bidang masing-masing. Bendahara HIMA menjaga dan mengatur keuangan HIMA yang terdiri dari uang kas iuran pengurus maupun keuangan program kerja. PI memberikan wadah yang terbaik untuk setiap masalah di setiap divisi, PI sendiri dapat membantu memberikan solusi dengan cara kekeluargaan tanpa menentukan keputusan sepihak. Rapat besar diadakan supaya lebih mendekatkan setiap pengurus HIMA dan lebih mengetahui perkembangan setiap divisi tersebut. Divisi PI mempunyai pegangan untuk membantu dan lebih bisa merangkul serta menumbuhkan rasa saling memiliki satu tujuan dalam Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi.

HUMAN RESOURCE DEVELOPMENT (HRD).

Divisi HRD merupakan bagian dari kepengurusan dalam Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi. Secara umum, divisi HRD sendiri lebih terkait dengan upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia. Divisi HRD memiliki program kerja antara lain untuk melakukan kaderisasi dan mengoptimalkan sumber daya mahasiswa serta menjaga kondisi internal Hima Dilogi FIS UNY. Dalam menjalankan tugas untuk menjaga kondisi internal Hima Dilogi, HRD bekerjasama dengan wakil ketua, sehingga antara keduanya harus saling terbuka. Terkait dengan tugas untuk menjaga kondisi internal Hima Dilogi, salah satunya dengan melaksanakan Quality Day. Sementara itu dalam melaksanakan fungsi kaderisasi , HRD bekerjasama dengan divisi dan lembaga lain untuk menggali potensi anggota dan mengoptimalkan sumber daya mahasiswa Pendidikan Sosiologi guna terciptanya realisasi program kerja yang telah direncanakan.

Divisi HRD dipimpin oleh Siti Munawaroh serta dibantu oleh anggota lainnya antara lain, Nuurul Amri Perdana Kusuma, Nurul Fadilah, Vitalia Dyah Utami, Putri Anggrahenni, Asyifa Amalia Hasna, Ridho Wahyu Nugroho, Dedy Yulianto, dan Intan Amalia Sinta D. Program kerja divisi ini antara lain yaitu, PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) jurusan, Friendly Day atau biasa disebut malam keakraban yang bertujuan untuk mempererat hubungan antar Mahasiswa Baru Pendidikan Sosiologi, Dilogi Srawung, serta Grebek Wisuda yang merupakan apreasiasi terakhir kali untuk mahasiswa Pendidikan Sosiologi yang telah berhasil menyelesaikan pendidikannya.

MEDIA KOMUNIKASI DAN INFORMASI (MEDKOMINFO)

Media Komunikasi dan Informasi yang sering dikenal dengan nama Medkominfo merupakan salah satu divisi yang ada di Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Yogyakarta. Persjur (Pers dan Jurnalitik) adalah nama lama dari Medkominfo. Persjur berganti nama menjadi Medkominfo pada tahun 2019. Perubahan nama divisi ini didasari oleh perluasan makna dari nama divisi yang tidak hanya mengurusi masalah Pers dan Jurnalistik namun juga berkaitan dengan media untuk menyebarkan komunikasi dan informasi. Sesuai dengan namanya, divisi ini lebih menitikberatkan pada penyebaran informasi maupun sebagai sumber komunikasi baik internal jurusan sampai antar fakultas. Divisi Medkominfo memiliki 4 program kerja yang akan dilakukan selama masa jabatan berlangsung. Program kerja yang pertama adalah “Mediasi”. Mediasi merupakan singkatan dari Media Aspirasi Mahasiswa Sosiologi. Mediasi terbit sebanyak 3 kali dengan 2 kali berbentuk buletin dan 1 kali berbentuk majalah. Buletin akan diterbitkan pada awal dan akhir tahun, sedangkan majalah akan diterbitkan pada saat penerimaan mahasiswa baru Pendidikan Sosiologi. Mediasi ini bertujuan untuk menampung dan menyebarkan informasi dan aspirasi mahasiswa terutama mahasiswa Pendidikan Sosiologi. Program kerja selanjutnya adalah “Lomba Poster Nasional”, lomba poster ini akan dilakukan bersamaan dengan lomba olimpiade dan seminar nasional oleh divisi penelitian. Lomba ini akan diikuti oleh kalangan mahasiswa. Bertujuan untuk mengembangkan daya kritis mahasiswa. Program kerja ketiga adalah “Workshop Desain Grafis” yang diikuti oleh mahasiswa pendidikan sosiologi. Program kerja ini bertujuan agar mahasiswa pendidikan sosiologi dapat mengembangkan pengetahuan dan kemampuannya di bidang desain grafis. Program kerja terakhir adalah “ Medsos” dan merupakan program kerja yang baru. Program kerja ini bertujuan untuk lebih memberi informasi terkait hari-hari penting baik itu internal maupun eksternal mahasiswa pendidikan sosiologi. Divisi Medkominfo dipimpin oleh Larasati Nur Kholisa dan beranggotakan Ayu Lestari, Rhamadan Kurniawan, Arelya Febriane, Ismiyati Nurchasanah, Nur Anisa Risqi R., Luqman Rohim P., Luthfi Nur 'Aini, Raihan Ma'ruf D.I., dan Anisa Widia Fasa.

KREATIVITAS MAHASISWA (KRISMA)

Divisi Kreativitas Mahasiswa (KRISMA) merupakan salah satu divisi dalam Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi yang bertujuan minat dan bakat mahasiswa Dilogi di bidang seni dan olahraga. Divisi ini juga sebagai wadah untuk meningkatkan potensi mahasiswa sekaligus ajang untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa. Divisi Krisma dipimpin oleh Yustika Wulan R. serta didampingi oleh beberapa orang staff antara lain, Ayu Melani, Farid Mukti F, Alfi Nur Hidayana, Kusuma Rysqi Reynaldi, Ayu Lintang Sari, Carolina Indriani L, Reza Zain Ananta, Baharudin Salim Amiril A, dan Ilham Darmawan. Program keja divisi Krisma antara lain : HUT HIMA merupakan serangkaian acara hari ulang tahun Hima Dilogi, dimana rangkaian acara dalam HUT HIMA Dilogi seperti lomba voli, futsal, mini games, donor darah, dll. Sony (Sosiologi Nyeni) merupakan program kerja krisma yang bertujuan untuk mewadahai minat dan bakat mahasiswa Dilogi di bidang seni. Dalam proker ini terdapat beberapa cabang, antara lain : sosbeng (sosiologi bengak-bengok) merupakan kegiatan mahasiswa dalam seni musik, sote (sosiologi teater) merupakan wadah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang seni teater, soged (sosiologi joged) merupakan kegiatan dalam meningkatkan potensi mahasiswa dalam seni tari, dan sosber (sosiologi berkeringat) merupakan program kerja di bidang olahraga, dalam proker ini terdapat beberapa kegiatan seperti futsal, badminton, dll. Program kerja selanjutnya adalah Dilogi Show yang merupakan kegiatan kumpul bersama anak-anak Dilogi di akhir tahun. Terakhir yaitu Sociophoria merupakan program kerja divisi krisma dimana dalam proker ini terdapat konser musik dan pertunjukan mahasiswa Dilogi sebagai ajang hiburan untuk mahasiswa Dilogi pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

HUBUNGAN MASYARAKAT DAN KESEJAHTERAAN MAHASISWA (HMKM)

Divisi HMKM membawahi tiga bidang yaitu, hubungan masyarakat, jaringan, dan advokasi. HMKM memiliki beberapa program kerja antara lain : Sosiologi Mengajar, Jaringan, Bakti Sosial, dan Advokasi. Sosiologi Mengajar merupakan program kerja yang mewadahi minat dari mahasiswa untuk menyalurkan ilmu dari perkuliahan pendidikan dan dari program ini mahasiswa Pendidikan Sosiologi akan terjun untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat. Program kerja jaringan, yaitu proker yang berfungsi menjembatani Hima Dilogi dalam melakukan hubungan eksternal dengan organisasi lain. Salah satu organisasi tersebut adalah JMSJ (Jaringan Mahasiswa Sosiologi se-Jawa) yang anggotanya merupakan mahasiswa aktif Sosiologi se-Jawa guna mempererat tali silahturahim. Bakti Sosial merupakan program kerja yang bertujuan untuk meningkatkan kepekaan mahasiswa Sosiologi terhadap kondisi sekitar. Program bakti sosial yang sudah terlaksana yaitu, donor darah, menyumbangkan sembako ke panti asuhan dan masyarakat yang membutuhkan, sahur on the road, dan charity pada saat Sociophoria. Selanjutnya yaitu Advokasi yang merupakan program kerja yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan membantu mahasiswa menyelesaikan permasalahan dalam perkuliahan. Dalam program ini terdapat kegiatan seperti pengisian angket mengenai kebutuhan perkuliahan, pertemuan perwalian kelas, dan meet and greet antara dosen dengan mahasiswa. Divisi HMKM sendiri dipimpin oleh Vickita Rahma Dwi Saputri serta dibantu oleh beberapa staff antara lain, Syaima Sabine Fasawwa, Arjun Rezky Fawzi, Ramadhan Arya Y, Eka Yuvitasari, Karinina Elsaka A, Almaisa Kinudung Salsabila, Chatarina Rini W, dan Ni Luh Sriyani.

PENALARAN DAN PENGEMBANGAN MAHASISWA (PPM)

Divisi PPM merupakan salah satu divisi HIMA Dilogi 2019 yang berkecimpung dalam bidang penalaran dan pengembangan mahasiswa. Sebelumnya divisi ini disebut divisi penelitian, namun berubah nama menjadi divisi PPM. Perubahan nama tersebut dilakukan atas dasar ketidaksesuain nama dengan peran yang dijalankan. Pihak divisi merasa tidak bisa menjalankan fungsi sesuai namanya yaitu penelitian, sangat sedikit pengurus yang aktif di bidang penelitian sehingga untuk menghindari kesimpang siuran, divisi ini kemudian berubah nama menjadi divisi PPM yaitu Penalaran dan Pengembangan Mahasiswa. Dalam divisi ini terdapat empat program kerja, yaitu Dubes (Diskusi Bersama Sosiologi), Eksplorasi, Seminar Nasional, dan Olimpiade Sosiologi serta satu program kerja bayangan yaitu pendampingan PKM tingkat jurusan dan program kerja baru yaitu SESTION. Diskusi Bersama Sosiologi merupakan program kerja yang menampung aspirasi dan ide mahasiswa mengenai berbagai gejala sosial serta berdiskusi mengenai gejala sosial yang terjadi dalam masyarakat. Tujuan dari program kerja tersebut yaitu untuk melatih pemikiran kritis dari mahasiswa Pendidikan Sosiologi. Eksplorasi yaitu program kerja yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berbaur dengan masyarakat sehingga lebih memahami masalah sosial yang terdapat dalam masyarakat yang dituju. Seminar Nasional dan Olimpiade Sosiologi merupakan dua program kerja yang dilaksanakan dalam serangkaian acara. Pelaksanaan Olimpiade Sosiologi tahun ini bekerja sama dengan divisi MEDKOMINFO, tujuannya adalah membuat lomba olimpiade yang diselenggarakan oleh Hima Dilogi. Jika tahun kemarin olimpiade dilakasanakan melalui lomba essay dan debat, tahun ini olimpiade dilaksanakan salah satunya melalui short movie, yaitu iklan layanan masyarakat yang diangkat dari permasalahan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Terakhir, yaitu SESTION (Sociology Essay Competition) merupakan program kerja baru yang bertujuan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam bidang kepenulisan essay yang diadakan secara internal bagi mahasiswa Pendidikan Sosiologi. Selain program kerja tersebut, divisi PPM juga melakukan pendampingan PKM 5 bidang yang biasanya diadakan pada September-November dengan sasaran adalah mahasiswa UNY, khususnya mahasiswa Pendidikan Sosiologi. Divisi PPM dipimpin oleh Rahayu Dwi W. yang dibantu oleh anggota divisi yaitu, Chrisantia Sekar Ikarini, M. Khabib Cahyo N , Hemi Tri Utami, Syifa Nurmala, Vidi Mila Sukmawati, Irvan Safrudin, Embun Ayudya Pawestri, dan Tuti Awaliah.

http://dilogi.student.uny.ac.id/