Kurikulum Prodi Pendidikan Sosiologi

Isi: 

KURIKULUM PENDIDIKAN SOSIOLOGI

 

Kurikulum program studi pendidikan sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta dikembangkan berdasarkan Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI) level 6 (Sarjana), dengan kekhususan sesuai dengan visi, misi universitas, fakultas dan program studi. Penyusunan kurikulum diawali dengan tracer study kemudian dilakukan evaluasi terhadap kurikulum yang sedang berjalan dan berikutnya dilakukan re-desain kurikulum yang bercermin pada KKNI. Dengan kata lain tahapan yang substansial adalah dengan menganalisis kurikulum yang ada termasuk mata kuliah yang selama ini dikembangkan apakah telah sesuai atau belum dengan tuntutan pada level KKNI. Kemudian dilakukanpenyesuaian dengan level KKNI dan juga dengan prinsip pengembangan kurikulum yang memberikan ruang adaptasi dan kreasi sejalan dengan perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga mampu mendukung capaian pembelajaran lulusan yang fungsional dan unggul.

Kurikulum pendidikan sosiologi didasarkan pada learning outcome yang ingin dicapai untuk menghasilkan kompetensi lulusan sebagai pendidik (guru), peneliti dan pekerja media bidang pendidikan. Pencapaian lulusan sebagai calon pendidik (guru) mengharuskan dalam penyusunan kurikulum ini juga melihat pada kurikulum 2013 mata pelajaran sosiologi SMA dan capaian profesionalitas guru dimana perlu menekankan pada aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Sebagai peneliti dan pekerja media bidang pendidikan, penguatan metode penelitian mutlak diperlukan sebagai dasar pengembangan. Program studi pendidikan sosiologi mencetak pendidik yang mampu mengajarkan sosiologi secara inovatif, aktif, kreatif dan menyenangkan, sehingga dukungan mata kuliah keterampilan proses pendidikan perlu diperbesar porsinya untuk menghasilkan pendidik profesional. Dalam penyusunan kurikulum program studi pendidikan sosiologi juga mulai memfokuskan kajian-kajiannya kearah pendidikan dengan memberi fasilitas pendalaman materi melalui pilihan mata kuliah berorientasi pada pengembangan pendidikan dan keilmuan (sosiologi).

Kurikulum pendidikan sosiologi juga dikembangkan berdasarkan kebutuhan mahasiswa untuk mengembangkan kompetensinya sesuai dengan minat dan fokus kajian dengan memberikan kebebasan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang fokus pada beberapa kajian sosiologi. Penyediaan mata kuliah pilihan ini dalam rangka menambah wawasan akademik mahasiswa.

Mata kuliah yang ditawarkan dibagi dalam enam kelompok mata kuliah yaitu

No Mata Kuliah Keterangan
1 Mata Kuliah Umum Mata kuliah wajib tempuh untuk semua program studi di Universitas Negeri Yogyakarta
2 Mata Kuliah Fakultas Menjadi penciri fakultas, sehingga semua prodi di Fakultas Ilmu Sosial mengambil mata kuliah yang sama
3 Mata Kuliah Dasar Kependidikan Mata kuliah wajib untuk melandasai mahasiswa program studi kependidikan
4 Mata Kuliah Keterampilan Proses Pembelajaran Membekali keterampilan dasar pendidik
5 Mata Kuliah Pengembangan Pendidikan Sebagai suplemen untuk mendorong inovasi di bidang pendidikan
6 Mata Kuliah Bidang Keahlian Meliputi mata kuliah keilmuan sosiologi

Secara lengkap struktur kurikulum Program Studi Pendidikan Sosiologi disusun sebagai berikut:

No

Mata Kuliah

Beban sks

1

Mata Kuliah Umum (MKU) 

18/18 sks

2

Mata Kuliah Fakultas (SIF)

11/11 sks

3

Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK)

8/8 sks

4

Mata Kuliah Keterampilan Proses Pembelajaran (MKKPP)

20/20 sks

5

Mata Kuliah Pengembangan Pendidikan (MKPP)

19/15 sks

6

Mata Kuliah Bidang Keahlian (MKBK)

86/72 sks

Jumlah SKS

Keterangan

Beban sks

Mata kuliah yang ditawarkan

162 sks

Beban mahasiswa

144 sks