SOSOK DILOGI: Anisa Nurul Chusna (2019)

--Spirit Sosiologi--

Halo teman-teman Dilogi… Sebelumnya saya ucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Sosiologi 2021 baik dari jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun Jalur Mandiri. Selamat kalian menjadi orang terpilih yang berhasil masuk menjadi keluarga besar Jurusan Pendidikan Sosiologi dari sekian banyak orang yang ikut seleksi.

Perkenalkan Nama Saya Anisa Nurul Chusna. Saya kerap dipanggil Anisa atau Chusna oleh teman-teman di lingkungan perkuliahan. Saya berasal dari Klaten, Jawa Tengah. Saya merupakan salah satu mahasiswa Jurusan Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2019. Sudah empat semester saya menimba ilmu di Jurusan Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta ini. Ada banyak hal yang bisa saya dapatkan disini. Bukan hanya tentang perkuliahan di kelas, melainkan juga kegiatan-kegiatan di luar perkuliahan seperti organisasi.

Berbicara mengenai kegiatan di luar perkuliahan, ada beberapa kegiatan yang saya ikuti. Ketika memasuki semester dua saya berkesempatan menjadi pengurus Laboratorium Pendidikan Sosiologi. Pada saat itu saya juga magang di UKMF Penelitian Screen Fakultas Ilmu Sosial untuk menambah relasi dan pengalaman. Hingga pada semester tiga saya resmi menjadi pengurus UKMF Penelitian Screen  Fakultas Ilmu Sosial periode 2020 dan diamanahi sebagai Staff Departemen Penalaran dan Pengembangan Studi Ilmiah (PPSI). Memasuki Semester empat dan bertepatan dengan pergantian periode kepengurusan UKMF Penelitian Screen, saya diamanahi menjadi Kepala Departemen UKMF Penalaran dan Pengembangan Studi Ilmiah (PPSI) periode 2021. Selain bergabung dalam UKMF Penelitian Screen, saya juga aktif ikut kepanitian. Saya pernah berkontribusi dalam kepanitian PKKMB Jurusan Pendidikan Sosiologi yang diadakan oleh Hima Dilogi pada tahun 2020, saya juga berpartisipasi dalam kepanitian Sosiologi Mengajar pada tahun 2020.

Ada banyak hal yang bisa saya dapatkan seperti relasi dan pengalaman baru yang tidak bisa didapatkan di kelas. Melalui organisasi saya bisa mendapat relasi baru dari teman-teman di jurusan lain baik di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial maupun di Fakultas lain. Berkat ini juga, saya mencoba mengikuti beberapa event lomba karena banyak teman-teman di organisasi juga melakukan hal yang sama . Dibersamai orang-orang yang hebat, sering berbagi ilmu dan semangat untuk berprestasi memacu saya untuk melakukan hal yang sama. Pada tahun 2020 saya berkesempatan mengikuti Lomba Esai Nasional bersama salah satu teman dan dengan dukungan serta bimbingan dari bapak/ibu dosen Jurusan Pendidikan Sosiologi saya berhasil mendapatkan Juara 1 Lomba Esai Nasional dan Best Paper Lomba Esai Nasional dalam event yang diadakan oleh APPSANTI (Asosiasi Program Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia) di Universitas Negeri Makassar. Hal ini memacu saya untuk mengikuti event-event perlombaan lain.

Pada tahun 2021, berkat dukungan dan bimbingan dari bapak/ibu dosen di Jurusan Pendidikan Sosiologi, saya juga menjadi Finalis dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional yang diadakan oleh Universitas Mataram. Saya juga tertarik dalam hal penulisan artikel, pada tahun 2021 saya mengikuti lomba artikel dan berhasil dipublikasikan di salah satu platform online yakni Hipwee. Saya juga mengikuti lomba artikel yang diadakan oleh Perpusnas dan karya saya juga dipublikasikan di platform online perpusnas. Pada tahun yang sama pula berkat bimbingan bapak/ibu dosen Jurusan Pendidikan Sosiologi, saya lolos terdanai dalam Hibah Penelitian FIS 2021 yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.

Semua pengalaman dan prestasi yang saya dapatkan sampai saat ini, tentu saja tidak akan bisa tercapai tanpa dukungan dan bimbingan dari bapak/ibu dosen Jurusan Pendidikan Sosiologi. Selain itu, usaha, pantang menyerah, dukungan serta doa dari orang tua membuat saya terus semangat untuk mencapai prestasi-prestasi lain. Jangan takut mencoba ! Spirit Sosiologi !! (Anisa Nurul Chusna, 2021).