SAMBUT DILOGI MUDA, PKKMB PENDIDIKAN SOSIOLOGI USUNG TEMA MILLENNIUM

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru menjadi sebuah hal yang wajib dilalui oleh setiap mahasiswa baru. Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru atau yang biasa di kenal dengan sebutan PKKMB ini akan membantu para mahasiswa baru dalam mengenal berbagai hal terkait kampus, khususnya pada jurusan yang diambil baik dari segi akademik maupun non akademik. Selain mempermudah mahasiswa baru dalam mengenal kampus dan jurusannya, PKKMB juga bertujuan untuk  mengakrabkan baik antar mahasiswa baru maupun dengan seluruh warga kampus. Sebagai makhluk sosial, hal ini penting bukan?

Hal tersebut juga berlaku di Jurusan Pendidikan Sosiologi atau yang biasa dikenal dengan kata Dilogi. Dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2019, PKKMB Dilogi kali ini mengambil tema MILLENNIUM (Millennial, Love, and Unity). Menurut hasil wawancara dengan ketua PKKMB Jurusan Pendidikan Sosiologi, yaitu Nuurul Amri Perdana Kusuma, tema tersebut diambil untuk menarik, mengenalkan, dan memberi kesan bagi mahasiswa baru tentang bagaimana Pendidikan Sosiologi itu sendiri. Selain alasan mengapa diambil dalam PKKMB kali ini, tema ini juga memiliki makna yang menjadi pedoman dalam terlaksananya tujuan PKKMB. Adapun makna dari tema MILLENIUM ini adalah Millennial yang memiliki makna bahwa sosiologi itu modern, asik, berkembang dan mengikuti perkembangan zaman. Love memiliki makna bahwa dalam Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi itu memiliki solidaritas, kepedulian dan perhatian satu sama lain. Terakhir adalah Unity artinya kesatuan, yang memiliki makna bahwa Mahasiswa Pendidikan Sosiologi dengan segala perbedaannya baik suku, bangsa dan agamanya tetap menjadi satu kesatuan.

Untuk rangkaian PKKMB itu sendiri dimulai dari PIM 1 atau Pusat Informasi Mahasiswa untuk mahasiswa baru jalur SNMPTN dan SBMPTN yang dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2019, Temu Perdana Jurusan Pendidikan Sosilogi pada tanggal 29 Juli 2019, PIM 2 yang dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2019 dan puncak PKKMB Jurusan Pendidikan Sosiologi pada tanggal 22 Agustus 2019. PKKMB jurusan memiliki konsep yang berbeda dengan PKKMB sebelumnya yang terlaksana di fakultas. Hal ini juga diungkapkan oleh Mahasiswa Baru Pendidikan Sosiologi jalur SNMPTN, Fadgham Kenandi Adiyasa. “… Aku mikirnya malah PKKMB jurusan itu kan lebih kecil, kayak wah apa sih gak seru gitu kan. Ternyata waktu udah masuk itu, lho kok gelap terus ada kayak lampu tumblernya itu lucu. Lalu pas pengecekan aku udah takut dulu soalnya aku juga nggak bawa foto satu. Udah gelap gitu kan, terus suruh lihat bawah, kok tiba-tiba pas nyala malah joget-joget, seru, asik gitu...” ungkapnya. PKKMB kali ini tidak menimbulkan kesan yang tegang dan menakutkan bahkan kebalikan dari apa yang biasanya terbayangkan oleh mahasiswa baru. Kesan asik dan friendly dalam PKKMB Dilogi menimbulkan first impression yang menyenangkan bagi para mahasiswa baru, meskipun acara berlangsung dalam waktu yang tidak sebentar yaitu pada pukul 05.30 sampai pukul 15.00 WIB.

Selain itu, keunikan dari PKKMB Dilogi ini juga menghasilkan Queen of Sociology yang diberikan kepada Lucy Filipin Nogo ke, Mahasiswa Baru Pendidikan Sosiologi yang berasal dari Kalimantan Utara. Every moment have a wish. “semoga dengan adanya PKKMB Jurusan Dilogi 2019 dengan tema Millennium ini, Maba Dilogi 2019 merasa senang, nyaman, dapat memupuk tali persaudaraan antar angkatan juga memperkuat solidaritas Mahasiswa Pendidikan Sosiologi. Mari kita saling bekerjasama untuk mewujudkan Jurusan Pendidikan Sosiologi yang lebih baik lagi. Semangat!!” ungkap Putri Anggrahenni sebagai Koor Sie Acara PKKMB Dilogi. (Anisa, Aisyah, Ayu, Luqman, Nur)