RAPAT KERJA DAN UPGRADING HIMA DILOGI 2015 “SATUKAN TEKAD UNTUK KREATIVITAS DAN INOVASI MAHASISWA”

 

28 Februari  - 01 Maret 2015, merupakan moment yang penting bagi  pengurus Hima Pendidikan Sosiologi FIS UNY atau HIMA DILOGI. Pada waktu tersebut diadakan kegiatan rapat kerja dan upgrading yang ditujukan untuk meningkatkan antusiasme pengurus dalam mengelola HIMA DILOGI sebagai wadah mahasiswa pendidikan sosiologi sendiri. Kegiatan ini dilakukan untuk kepengurusan HIMA DILOGI 2015 dan bertempat di pesantren Kaliopak, Piyungan, Bantul. Upgrading kali ini sebenarnya dimaksudkan untuk men – charge semangat pengurus HIMA DILOGI. Selain itu, menurut panitia kegiatan ini dimaksudkan untuk lebih memperjelas tujuan dan  memantapkan komitmen pengurus HIMA DILOGI 2015 agar berkontribusi dengan baik di periode 2015. 

Raker atau rapat kerja yang diselenggarakan setiap tahun merupakan salah satu agenda wajib bagi sebuah organisasi. Tak terkecuali bagi sebuah himpunan mahasiswa seperti Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi. Pengurus HIMA DILOGI FIS UNY  telah berhasil menyelenggarakan rapat kerjanya pada tanggal 28 Febuari – 1 Maret lalu. Bahasan rapat yakni mencakup program kerja yang akan diselenggarakan selama satu periode kepengurusan kedepan.

Pengurus HIMA DILOGI 2015 ini akan menjalankan sekitar 16  program kerja yang akan berlangsung dari bulan Maret hingga Oktober.  Rancangan program kerja yang disampaikan oleh masing-masing divisi telah dimusyawarahkan dengan dosen, segenap  pengurus HIMA senior dan pengurus terbaru. “ Dengan acara raker dan upgrading ini diharapkan segenap pengurus mampu meningkatkan kapasitas dirinya untuk HIMA DILOGI yang semakin baik kedepan “, ujar Ayu.

Rapat kerja HIMA DILOGI tahun ini berbeda secara konsep dengan rapat kerja tahun sebelumnya. Menurut Ayu selaku sie acara, tahun ini rapat kerja dan upgrading dilaksanakan dalam satu waktu dengan dasar efisien. Mempertimbangkan instruksi dari pihak dekanat FIS yang menghimbau kepada seluruh HIMA FIS UNY agar menetapkan batas akhir semua kegiatan mahasiswa pada Oktober 2015. Rapat kerja dimulai pukul  13.30 - 18.00 WIB dan dilanjutkan pukul 19.30-23.00 WIB. Fanin, salah satu peserta dari divisi Human Resourche Development mengaku kegiatan raker ini cukup menguras tenaga dan pada  jam-jam akhir mulai tidak kondusif, namun raker merupakan kegiatan penting bagi pengurus HIMA DILOGI.

Keberhasilan sebuah HIMA bisa dilihat melalui kesuksesan program kerjanya, maka raker menjadi sebuah agenda penting yang tidak bisa ditinggalkan. Mengingat raker merupakan panduan dalam langkah kepengurusan kedepan. “Kegiatan hima kedepannya diharapkan dapat semakin kreatif dan dapat memunculkan program kerja disesuaikan dengan kondisi yang diperlukan mahasiswa saat ini” ujar Ibu Endah dosen Pendidikan Sosiologi UNY yang menyampaikan materi tentang organisasi pada rangkaian rapat kerja.

Kegiatan yang diikuti lebih kurang 80 mahasiswa dari berbagai angkatan ini berlangsung dengan seru. Panitia mempersiapkan kegiatan yang mengarahkan pengurus HIMA DILOGI 2015 agar lebih mengenal satu sama lain dan meningkatkan kerja sama seperti acara tantingan(sharing) dan outbond. Walaupun kegiatan upgrading sedikit mengalami kendala karena waktu yang molor dan hujan, namun secara keseluruhan acara berjalan dengan baik. –(Aw/Pns/Caf/End-ed)