PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI UNY MENGADAKAN SOSIALISASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) DI PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI FPIPS UPI

Senin, 04 Oktober 2021 Prodi Pendidikan Sosiologi FIS UNY telah melakukan kegiatan sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) ke Prodi Pendidikan Sosiologi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian implementasi dari program Center of Excellence (CoE) yang diemban oleh Prodi Sosiologi untuk sharing praktik baik tentang pelaksanaan kurikulum MBKM ke prodi lain di luar UNY, dimana UPI menjadi universitas kedua setelah UNNES. Dalam kegiatan sosialisasi MBKM ini, dihadiri 3 dosen tim Task Force CoE Prodi Pendidikan Sosiologi, dan 7 dosen dari Prodi Pendidikan Sosiologi FPIPS UPI, yaitu Ibu Siti Komariah, M.Si.,Ph.D. (Ketua Program Studi Pendidikan Sosiologi FPIPS UPI); Ibu Prof. Dr. Elly Malihah, M.Si.; Ibu Puspita Wulandari, M.Pd.; Ibu Dr. Wilodati, M.Si.; Ibu Sri Wahyuni, M.A.; dan Bapak Fajar Nugraha Asyahidda, M.Pd. Acara dibuka oleh Ibu Siti Komariah, M.Si.,Ph.D. selaku ketua prodi Pendidikan Sosiologi UPI sekaligus memberikan sambutan terkait kegiatan sosialisasi MBKM yang dilakukan oleh Prodi Pendidikan Sosiologi UNY.

Acara selanjutnya adalah acara inti yang dipandu oleh Bapak Grendi Hendrastomo, M.M.,M.A. sekaligus yang juga menyampaikan materi mengenai pengembangan kurikulum dan rintisan kerja sama yang telah dibangun. Dalam pemaparan materi ini, beliau menyebutkan beberapa poin penting tentang bagaimana tahapan pengembangan kurikulum mulai dari dari penyusunan kurikulum berdasarkan peraturan yang ada (Baik Peraturan Menteri maupun Peraturan Rektor), proses pengembangan jaringan/mitra dengan berbagai lembaga mulai dari lembaga pemerintahan, LSM, masyarakat desa, hingga lembaga pendidikan, serta penyempurnaan kurikulum MBKM tahun 2021 yang akan digunakan oleh seluruh Angkatan. Pemaparan selanjutnya disampaikan oleh Ibu Nur Endah Januarti, M.A. tentang Proses Penyempurnaan Kurikulum yang telah dilakukan, salah satunya melalui pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Team Based Project dan/atau Case Methode. Materi lain yang disampaikan juga tentang skema ekuivalensi prodi pada beberapa kegiatan belajar di luar kampus yang dilakukan mahasiswa. Proses ini menjadi penting untuk melihat bagaimana kegiatan belajar di luar kampus harus sesuai dengan kompetensi lulusan pada prodi bersangkutan, serta pengaukuan SKS juga harus disesuaikan dengan peraturan yang telah dikeluarkan oleh prodi. Materi yang terakhir berkaitan dengan Implementasi Kurikulum MBKM yang dismapaikan oleh Ibu Sasiana Gilar Apriantika, M.A. Pada kesempatan ini, menjelaskan bagaimana proses sosialisasi, seleksi, pembekalan, hingga penerjunan kegiatan belajar di luar kampus yang telah dilakukan oleh Prodi Pendidikan Sosiologi UNY. Serta bagaimana pelaksanaan kegiatan belajar di luar kampus oleh mahasiswa, seperti kegiatan magang, membangun desa, proyek kemanusiaan dan beberapa tantangan yang dihadapi. Prodi Pendidikan Sosiologi UNY juga sharing praktik baik tentang bagaimana menghadapi dinamika yang muncul pada mahasiswa, terutama terkait dengan proses ekuivalensi kegiatan belajar di luar kampus agar tetap sejalan dengan profil lulusan prodi.

Setelah pemaparan 3 materi selesai, acara dilanjutkan dengan tanggapan dari Prodi Pendidikan Sosologi FPIPS UPI, tentang pelaksanaan kurikulum MBKM yang secara umum terdapat kesamaan di beberapa bagian.  Kedua prodi ini saling bertukar pengalaman untuk bisa menjadi contoh baik dalam implementasi MBKM. Prodi Pendidikan Sosiologi FPIPS UPI  belajar tentang penyusunan dan proses ekuivalensi kurikulum MBKM, sedangkan Prodi Pendidikan Sosiologi UNY belajar tentang bagaimana strategi mendorong mahasiswa agar berminat melaksanakan kegiatan belajar di luar kampus. Harapannya, ke depan akan banyak terjalin kerja sama antara Prodi Pendidikan Sosiologi FPIPS UPI dan Prodi Pendidikan Sosiologi FIS UNY,  terutama dalam proses pengembangan dan implementasi kurikulum MBKM.