PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI UNY MENGADAKAN SOSIALISASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) DI PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI FIS UNNES

Jumat, 10 September 2021 Prodi Pendidikan Sosiologi FIS UNY berkesempatan berkunjung sekaligus melakukan sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) ke Prodi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi FIS UNNES. Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari program Center of Excellence (CoE) yang diemban oleh Prodi Sosiologi untuk sharing praktik baik tentang pelaksanaan kurikulum MBKM ke prodi lain di luar UNY, salah satunya adalah di Universitas Negeri Semarang. Dalam kesempatan ini, dihadiri oleh 4 tim Task Force CoE Prodi Pendidikan Sosiologi, dan 3 dosen dari Prodi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi UNNES, yaitu Ibu Asma Luthfi S, M.Hum (Ketua Jurusan Sosiologi dan Antropologi UNNES); Bapak Kuncoro Bayu Prasetyo, M.A.(Kepala Laboratorium); Ibu Antari Ayuning Arsi, M.Si (Ketua Gugus MBKM prodi). Acara dibuka dengan sambutan dari Ibu Nur Hidayah, M.Si. selaku Koorprodi Pendidikan Sosiologi UNY secara daring untuk mengantarkan dan menyampaikan terkait dengan tujuan diadakannya sosialisasi kurikulum MBKM. Selanjutnya sambutan juga disampaikan oleh Ibu Asma Luthfi S, M.Hum selaku Ketua Jurusan Sosiologi dan Antropologi UNNES untuk menerima secara simbolis tim CoE dari Prodi Pendidikan Sosiologi UNY.

Acara selanjutnya adalah acara inti yang dipandu oleh Bapak Grendi Hendrastomo, M.M.,M.A. sekaligus yang juga menyampaikan materi mengenai pengembangan kurikulum dan rintisan kerja sama yang telah dibangun. Dalam pemaparan materi ini, beliau menyebutkan beberapa poin penting tentang bagaimana tahapa pengembangan kurikulum mulai dari mulai dari penyusunan kurikulum berdasarkan peraturan yang ada (Baik Peraturan Menteri maupun Peraturan Rektor), proses pengembangan jaringan/mitra dengan berbagai lembaga mulai dari lembaga pemerintahan, LSM, masyarakat desa, hingga lembaga pendidikan, serta penyempurnaan kurikulum tahun 2021 yang akan digunakan oleh seluruh Angkatan. Dalam proses pemaparan ini, terdapat tanggapan dari Bapak/Ibu dosen Prodi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi UNNES, sehingga diskusi yang berjalan dilakukan dengan sangat interaktif. Pemaparan selanjutnya disampaikan oleh Ibu Nur Endah Januarti, M.A. tentang Proses Penyempurnaan Kurikulum yang telah dilakukan, salah satunya melalui pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Team Based Project dan/atau case methode. Materi lain yang disampaikan juga tentang skema ekuivalensi prodi pada beberapa kegiatan belajar di luar kampus yang dilakukan mahasiswa. Proses ini menjadi penting untuk melihat bagaimana kegiatan belajar di luar kampus harus sesuai dengan kompetensi lulusan pada prodi bersangkutan, serta pengaukuan SKS juga harus disesuaikan dnegan peraturan yang telah dikeluarkan oleh prodi. Materi yang terakhir berkaitan dnegan Implementasi Kurikulum MBKM yang dismapaikan oleh Pak datu Jatmiko, M.A. Pada kesempatan ini, menjelaskan bagaimana proses sosialisasi, seleksi, pembekalan, hingga penerjunan kegiatan belajar di luar kampus yang telah dilakukan oleh Prodi Pendidikan Sosiologi UNY.

Setelah pemaparan 3 materi selesai, acara dilanjutkan dengan diskusi dan saling berbagi pengalaman dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kedua prodi ini saling bertukar pengalaman untuk bisa menjadi contoh baik dalam implementasi MBKM. Prodi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi UNNES dapat belajar tentang penyusunan dan pelaksanaan kurikulum MBKM, sedangkan Prodi Pendidikan Sosiologi UNY belajar tentang bagaimana system MBKM di UNNES sudah diatur dengan cukup baik sehingga seluruh mahasiswa yag mengikuti kegiatan belajar di luar kampus secara otomatis sudah hilang dalam siding presensi. Harapannya, ke depan akan banyak terjalin kerja sama antara Prodi Pendidikan Sosiologi UNNES dan Prodi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi UNNES, terutama dalam proses pengembangan kurikulum MBKM.