Prodi Pendidikan Sosiologi Mendapatkan Hibah Kompetitif Program Center Of Excellence (CoE) Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Prodi Pendidikan Sosiologi telah mengembangkan kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang mulai diimplementasikan kepada mahasiswa Angkatan 2020 secara penuh, dan akan disinkronkan dengan implementasi pada Angkatan sebelumnya. Kurikulum yang disusun terus disempurnakan terutama pengembangan secara teknis agar dapat dilaksanakan baik oleh dosen maupun mahasiswa. Tahun 2020, Prodi Pendidikan Sosiologi mendapatkan hibah program MBKM (Merdeka Belajar – Kampus Merdeka) dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan output diantaranya adalah terjalinnya kemitraan dengan berbagai lembaga baik sekolah, lembaga riset, maupun dunia usaha;  pembentukan POB (Prosedur Operasional Baku) implementasi MBKM; serta 8 modul kegiatan belajar di luar kampus yang aan dijadikan pedoman dalam implementasi MBKM. Selanjutnya, tahun 2021 Prodi Pendidikan Sosiologi kembali memperoleh hibah kompetitif dalam program Center of Excellence (CoE) dari Kemendikbud, sebagai kelanjutan penyempurnaan dari implementasi Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Melalui hibah ini, Prodi Pendidikan Sosiologi menjadi pusat percontohan bagi perguruan tinggi lain dalam implementasi MBKM. Dalam program CoE ini, prodi mengembangkan  7 kegiatan yang dilakukan, yaitu  (1) Implementasi program pertukaran mahasiswa, (2) Implementasi program magang, (3) Implementasi program membangun desa; (4) Implementasi program asistensi mengajar di satuan Pendidikan; (5) sosialisasi/mentoring 3 program studi di UNY; (6) Sosialisasi/mentoring 5 program studi di luar UNY; (7) Penyusunan perangkat pembelajaran mata kuliah.

Ketujuh kegiatan yang dirancang nantinya akan memperkuat implementasi kurikulum merdeka belajar serta menegaskan bahwa Prodi Pendidikan Sosiologi siap menjadi bagian dari Kampus Merdeka. Selanjutnya, adanya program CoE menjadi sarana mahasiswa dapat memperoleh pengalaman belajar di luar kampus secara langsung. Kegiatan belajar di luar kampus yang diterapkan, disesuaikan dengan profil lulusan dan ketersediaan mitra yang telah bekerja sama dengan prodi. Prodi Pendidikan Sosiologi sebagai CoE diharapkan tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa saja, namun juga baik pihak lain seperti mitra maupun programs tudi lain (di UNY dan di luar UNY) untuk secara bersama-sama menjadi Kampus Merdeka, dengan mengembangkan pembelajaran berbasis pemecahan kasus (case methode) dan pembelajaran kelompok berbasis proyek (team-based project).