Laboratorium Jurusan Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial UNY Selenggarakan Pelatihan Metode Penelitian Berbasis Aplikasi Atlas.ti dan Program R

Penguasaan berbagai macam metode penelitian baik itu metode kualitatif, kuantitatif maupun mixed method mutlak dilakukan oleh ilmuwan khususnya akdemisi. Metode penelitian merupakan salah satu hal yang penting di dalam pengembangan ilmu pengetahuan lewat penelitian itu sendiri. Berkembangnya teknologi terutama munculnya banyak aplikasi penunjang dalam metode penelitian semakin memudahkan para peneliti dan akademisi untuk melaksanakan sebuah penelitian. Aplikasi tersebut antara lain NVIVO, SPSS, Atlas.ti, Program R maupun aplikasi-aplikasi lainnya memudahkan para peneliti untuk bisa menghasilkan penelitian yang berkualitas. Tentunya dengan muncul banyak aplikasi penelitian tersebut harus dikenalkan dan dikuasai caranya oleh peneliti agar amenghasilkan penelitian yang berkualitas dan efektif.  Sejalan dengan hal tersebut Laboratorium Jurusan Pendidikan Sosiologi di bawah Jurusan Pendidikan Sosiologi FIS UNY menyelenggarakan pelatihan metode penelitian kualitatif berbasis Atlas.ti serta metode penelitian kuantitatif berbasis R program. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bagian dari program  pengembangan laboratorium Jurusan Pendidikan Sosiologi pada Hari Sabtu, 01 Oktober 2022. Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan via daring melalui platform Zoom Cloud Meeting. Walaupun diselenggarakan secara daring akan tetapi antusiasme para peserta yang mayoritas berasal dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi FIS UNY ini sangat luar biasa terbukti dengan diikuti lebih dari 110 peserta, selain itu kegiatan ini juga diikuti oleh berbagai macam kalangan mulai dari dosen, akademisi maupun praktisi.

Acara ini berlangsung dari mulai pukul 08.30 WIB dan diakhiri pada pukul 12.00 WIB diawali dengan pembukaan oleh Master of Ceremony kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Jurusan Jurusan Pendidikan Sosiologi Nur Hidayah, M.Si. Ketua jurusan mengapresiasi kegiatan pelatihan metode penelitian pada hari ini dan menyarankan untuk rutin diselenggarakan agar mahasiswa bisa lebih paham dan menguasai tentang metode penelitian, kemudian acara dilanjutkan dengan kegiatan inti yakni pelatihan yang dimoderatori oleh ibu Aris Martiana, M.Si selaku Kepala Laboratorium Pembelajaran Pendidikan Sosiologi. Dalam acara pelatihan ini menghadirkan 2 narasumber yang sudah ahli dalam bidang masing-masing yakni Bapak Taufan Jannata, M.Pd, seorang dosen dan praktisi dengan membawakan materi program aplikasi Atlas.ti yang banyak digunakan untuk metode penelitian kualitatif. Dan tidak hanya membawakan materi saja akan tetapi langsung mempraktikkannya. Kemudian dilanjutkan dengan materi program R dari Bapak Purnomo Susanto, M.Pd. yaitu seorang dosen sekaligus praktisi juga memberikan materi tentang program R yang lebih banyak digunakan untuk metode penelitian kuantitatif. Acara pelatihan ini kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab dari para peserta yang banyak menanyakan mengenai cara menginstal aplikasi tersebut serta apa saja syarat dari perangkat untuk bisa diinstal aplikasi tersebut. Selain itu kedua narasumber tersebut juga siap membuka konsultasi baik itu secara daring atau luring bagi peserta yang ingin konsultasi setelah acara pelatihan ini selesai. Harapan dengan terselenggaranya acara pelatihan ini semakin memperdalam kemampuan peserta pelatihan untuk menguasai metode penelitian baik itu yang kualitatif maupun yang kuantitatif. Acara ditutup dengan foto bersama dan kegiatan ini juga diharapkan menghasilkan produk luaran berupa proposal penelitian baik itu kualitatif maupun kuantitatif terutama wajib bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah metode penelitian kualitatif dan metode penelitian kuantitatif pada semester ini. (Datu)