Jurusan Pendidikan Sosiologi UNY Kembali menjadi Juara Umum KOMPENSANTI 4 Kali Berturut-Turut

Kompesanti (Kompetisi Nasional Mahasiswa Pendidikan Sosiologi – Antropologi Indonesia)  merupakan agenda kompetisi yang diadakan oleh Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI), yang diadakan rutin setiap 2 tahun sekali. Tahun ini agenda KOMPENSANTI menggelar KOMPENSANTI yang keempat di Universitas Pendidikan Ganesha, Bali pada tanggal 28 Oktober 2022. Pada tahun ini KOMPENSATI IV mengusung tema Tantangan Pembelajaran Sosiologi – Antropologi di era Disrupsi.  Kompensanti IV dilangsungkan dengan 3 mata lomba, yaitu Lomba Artikel, Lomba Poster, dan Lomba Microteaching. KOMPENSANTI diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia, diantaranya: Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Semarang,  Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Medan, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Negeri Makassar,dan Universitas Negeri Jakarta.

Pada KOMPENSANTI  kali ini, Jurusan Pendidikan Sosiologi mengirimkan 3 tim lomba artikel, 2 tim lomba poster, dan 2 mahasiswa untuk lomba microteaching. Dari beberapa tim tersebut, terdapat 3 tim yang lolos tahapan final, yaitu 2 tim untuk lomba artikel dan 1 tim untuk lomba poster. Kegiatan Final KOMPENSATI ini membawa empat mahasiswa ke Bali, untuk mengikuti kegiatan final diadakan secara offline atau luring di Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSA). Keempat mahasiswa tersbeut adalah Irfan Hermawan (2019), Anisa Nurul Chusna (2019), Mirda Yanti (2020), dan Arzy Nur Rahmadi (2020).

Hasil karya artikel mahasiswa yang lolos ke dalam babak final berjudul Kajian Fenomenologi Korban Penipuan Arisan Online One Pay di Yogyakarta dan Pesantren Waria Al-Fatah: Persinggungan Humanis antara Agama dan Keberagaman Sosial. Karya artikel Kajian Fenomenologi Korban Penipuan Arisan Online One Pay di Yogyakarta diketuai oleh Annisa Nurul Chusna. Sedangkan karya artikel Pesantren Waria Al-Fatah: Persinggungan Humanis antara Agama dan Keberagaman Sosial ini diketuai oleh Irfan Hermawan. Lalu, hasil karya poster mahasiswa yang lolos ke babak final berjudul Pandemi dan Perilaku Bermedia Sosial Mahasiswa: Studi Kasus Kekerasan Berbasis Gender Online di Yogyakarta diketuai oleh Arzy Nur Rahmadi. Hasil karya mahasiswa yang diajukan pada kesempatan kali ini banyak melihat pada fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat. Menurut salah satu mahasiswa, pemilihan topik terkait dengan fenomena masyarakat ini dianggap banyak hal menarik yang mampu diteliti dan fenomenanya unik ketika dijadikan sebuah penelitian.

Tahun ini menjadi tahun keempat bagi prodi Pendidikan Sosiologi dalam mengikuti kompetisi ini, sekaligus keempat kalinya Prodi Pendidikan Sosiologi menjadi Juara Umum. Dari ketiga hasil yang lolos babak final semuanya menjadi pemenang dalam setiap kategorinya. Juara kategori artikel Pesantren Waria Al-Fatah: Persinggungan Humanis antara Agama dan Keberagaman Sosial mendapat juara 3 dan dijadikan sebagai Best Performance Article. Lalu artikel Kajian Fenomenologi Korban Penipuan Arisan Online One Pay di Yogyakarta mendapatkan juara 1. Lalu, untuk juara kategori poster dengan judul Pandemi dan Perilaku Bermedia Sosial Mahasiswa: Studi Kasus Kekerasan Berbasis Gender Online di Yogyakarta mampu mendapatkan juara 3, serta tim lomba artikel juga menjadi Best Performance. Selamat untuk semua mahasiswa pemenang Kompetisi KOMPENSANTI IV.