Galeri Prestasi: Tim Mahasiswa Pendidikan Sosiologi UNY Meraih Medali Perak Ajang Kompetisi Bisnis Tingkat Internasional

Tim mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), berhasil meraih medali perak pada kompetisi International Youth Business Competition (IYBC) secara daring pada 22 – 25 November 2021. IYBC merupakan sebuah cabang kompetisi dibidang bisnis dan terdiri dari beberapa kategori salah satunya adalah kategori Enterpreneur atau wirausaha. Kompetisi ini diikuti oleh berbagai jenjang pendidikan sekolah dasar, menengah, dan perguruan tinggi dengan total peserta mencapai 100 tim dari seluruh dunia. Kompetisi inovasi tingkat dunia ini mendorong para inovator dan wirausaha muda dalam mengembangkan ide kreatif mereka melalui Bisnis Kompetisi ini. Kompetisi ini diikuti oleh 6 negara dunia beradu inovasi unggulan mulai dari Malaysia, India, Vietnam, Mexico, Filiphina, dan Iran.

Tim mahasiswa Prodi Pendidikan Sosiologi menjadi salah satu finalis dalam ajang internasional ini dimana tim ini terdiri dari Irfan Hermawan (2019), Mirdayanti (2020), Mustika Natalia (2019), Ayomi Kusumaningrum (2018) dan Anisa Nurul Chusna (2019). Tim ini membuat sebuah inovasi dibidang kuliner yaitu berupa minuman kesehatan atau Infuse Water. Produk ini mereka berinama INTER RASA (Infuse Water: Rempah, Buah dan Sayuran) yang merupakan sebuah produk minuman yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh di era new normal dengan mengusung brand bernama “INTER RASA”. Produk ini memiliki cita rasa yang khas dengan aroma yang menyegarkan, yakni perpaduan antara buah,sayuran, dan rempah yang diproduksi dalam bentuk minuman jenis infuse water dengan topping yang terbuat dari berbagai macam buah segar yang dihaluskan bersama dengan jelly yang kenyal dan nikmat. Produk ini dikemas menggunakan botol plastik yang praktis dan elegan jika dibawa berpergian.

Irfan dan tim merasa bahwa perlu adanya sebuah inovasi produk minuman kesehatan yang berkualitas dan kekinian untuk memperkuat imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19. Inovasi baru yang mereka buat adalah minuman kesehatan dengan tambahan rempah-rempah sebagai sebuah produk yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan tentu saja diminati oleh masyarakat. “Menurut kami, dimasa yang sulit ini perlu membudayakan masyarakat untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, kami menciptakan produk minuman kesehatan yang berfungsi sebagai penguat imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19 ini.”

Pada pelaksanaan kompetisi Irfan dan tim mempresentasikan inovasi yang mereka susun dalam Bahasa Inggris. Juri yang menilai projek Irfan dan Tim berasal  dari Malaysia, hal ini cukup menjadi tantangan khusus bagi tim. Irfan juga mengemukakan bahwa produk minuman ini nantinya akan dikembangkan dan dipasarkan kepada masyarakat umum (Irfan).