Cerita Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Melaksanakan Kegiatan Membangun Desa di Padukuhan Tulasan Kalurahan Mulyodadi Kapanewon Bambanglipuro Bantul

Tim Kegiatan Belajar di Luar Kampus (KBLK) Membangun Desa Prodi Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) di Padukuhan Tulasan telah melaksanakan beberapa kegiatan yang berkesinambungan. Dari berbagai kegiatan tersebut, tentu telah menghasilkan produk karya Tim Membangun Desa bersama anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Sedyo Mulyo. Hasil produk yang bermacam-macam tersebut kemudian kami perkenalkan kepada masyarakat luas Dusun Tulasan melalui kegiatan senam dan pengenalan produk.

Kegiatan senam dan pengenalan produk ini merupakan kegiatan kolaborasi dengan Tim Proyek Kemanusiaan yang terdiri dari Tim Protokol Kesehatan dan Tim Mental Health yang juga sedang mengikuti kegiatan belajar luar kampus di Dusun Tulasan. Keterlibatan kedua tim tersebut dalam kolaborasi kegiatan ini bertujuan untuk memperluas target peserta pengenalan produk sesuai target peserta program mereka. Semakin luas target peserta dalam kegiatan ini, maka semakin memudahkan tersebarnya informasi mengenai hasil produk yang sudah diproduksi. Sesuai dengan target peserta program Tim Membangun Desa, Tim Protokol Kesehatan, dan Tim Mental Health, massa dalam kegiatan senam dan pengenalan produk ini yaitu anggota KWT, anggota PKK, kader posyandu, karang taruna, dan anak-anak.

Senam dan pengenalan produk ini dilakukan pada hari Sabtu, 16 Oktober 2021 pukul 15.00 WIB. Pelaksanaan kegiatan senam dan pengenalan produk ini berlokasi di lapangan voli Dusun Tulasan RT 04, yaitu Ibu Umi. Kegiatan pada hari tersebut dimulai dengan kedatangan peserta yang telah melalui pengecekan protokol kesehatan terlebih dahulu. Setelah semua peserta berkumpul kami memulai senam dan dilanjutkan dengan pengenalan produk. Rangkaian kegiatan senam ini dianggap strategis karena dapat mengumpulkan massa untuk mencapai tujuan pengenalan produk sekaligus olahraga yang menyenangkan bagi mitra dan sebagian warga Dusun Tulasan. Senam tersebut dipimpin oleh anggota Tim Membangun Desa dan salah satu perwakilan karang taruna. Selesai kegiatan senam, warga kemudian istirahat sekaligus menikmati dan melihat produk hasil karya Tim Membangun Desa dan anggota KWT Sedyo Mulyo yang telah disiapkan.

Kegiatan pengenalan produk tersebut dilakukan dengan memperkenalkan satu persatu produk karya KWT Sedyo Mulyo kepada warga. Dalam kegiatan tersebut, Tim Membangun Desa menyediakan produk minuman seruni basah sejumlah 16 botol, minuman seruni kering sejumlah 24 bungkus, sabun cuci piring dari jeruk nipis sejumlah 16 botol. Selain mengenalkan produk tersebut, Tim juga memberikan modul mengenai manfaat dari produk tersebut. Dalam pengenalan tersebut, warga juga dapat melihat praktik pembuatan eco enzyme yang dilakukan oleh Tim Membangun Desa. Dengan adanya praktik langsung pembuatan eco enzyme tersebut, warga di Padukuhan Tulasan yang mengikuti pengenalan produk akan mengetahui langkah pembuatan eco enzyme dan juga pemanfaatannya.

Rangkaian kegiatan senam dan pengenalan produk ini telah berlangsung dengan lancar dan sukses. Warga Dusun Tulasan memiliki antusiasme yang tinggi dalam kegiatan senam, sehingga senam dapat berjalan dengan baik dan teratur. Selain itu, antusiasme warga dalam kegiatan pengenalan produk juga tinggi. Produk yang telah disediakan untuk warga habis tidak tersisa. Warga juga semangat dan aktif bertanya selama praktik pembuatan eco enzyme berlangsung. Harapannya dengan adanya kegiatan pengenalan produk ini, warga Dusun Tulasan mengetahui produk yang sudah diciptakan oleh KWT Sedyo Mulyo bersama Tim Membangun Desa. Selain mengenal produk, warga juga dapat mengetahui adanya potensi unggul dari KWT Sedyo Mulyo yang dapat dikembangkan bersama warga lainnya. (Tim Membangun Desa)