CATATAN AKHIR KULIAH ETIKA DAN PROFESI KEGURUAN

Guru masa depan, adalah sebuah tema yang diangkat dalam kegiatan tugas akhir mata kuliah Etika Profesi Keguruan. Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk mengetahui, memahami, menerapkan nilai-nilai keguruan yang nantinya akan menjadi bekal mereka saat menjadi guru. Berbeda dari tahun sebelumnya, pada perkuliahan akhir kali ini dosen pengampu (Grendi Hendrastomo, M.A dan Nur Endah Januarti, M.A) sengaja menerapkan metode Role Playing dengan mengajak mahasiswa untuk dapat mensintesis hasil perkuliahan yang telah dilaksanakan dalam 1 semester ke dalam sebuah karya teater. Mengangkat tema Guru Masa Depan, menjadi cara untuk menginternalisasikan cita-cita dan harapan mahasiswa, dosen, orang tua, dan masyarakat agar nantinya mahasiswa “Calon Guru” ini akan menjadi Guru yang benar-benar berkualitas di masa depan.

Pentas Tugas Akhir dilaksanakan pada hari Jumat, 27 Mei 2016 di Laboratorium Karawitan FBS UNY. Sengaja dilaksanakan di tempat ini karena untuk mendukung kegiatan pementasan agar lebih maksimal. Para penonton pun dihadirkan yakni adik-adik angkatan, dosen, dan mahasiswa jurusan lain. Antusiasme penonton sangat meriah ketika melihat pertunjukan mahasiswa pendidikan sosiologi semester 6 ini. Penampilan 2 kelompok dari kelas A dan B benar-benar membuat penonton takjub. Kelompok kelas A membuat tema produksi mereka dengan nama Sriti Production dan Kelas B dengan nama Suroso Production. Berbagai karaktersitik guru, siswa, sistem pendidikan, sistem sekolah, masyarakat dan banyak hal lain dilukiskan dalam penampilan mereka.

Acara bertambah meriah dengan penampilan Grub Music Modern dari adik angkatan yakni Paradisso. Selain itu di akhir acara dosen memberikan kenang-kenangan kepada beberapa nominasi. Diantaranya aktor/aktris terbaik, pemeran pendukung terbaik, sutradara, tim set panggung, tim wardrobe, dan doorprize kepada penonton.  (End)