BERSAMA KEMBANGKAN DIRI, PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI UNISMA DAN FIS UNY SHARING ILMU

Proram studi (prodi)  P.Sosiologi Universitas Muhammadiyah Makasar (UNISMA) mengadakan kunjungan ke Prodi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial FIS UNY, Rabu (21/3). Rombongan 50 an mahasiswa UNISMA yang dipimpin oleh dosen pendamping Syarifudin, S.Pd tersebut disambut dengan hangat oleh  Ketua Jurusan (kajur ) Pendidikan Sejarah, M.Nurrohman, M.Pd, Korprodi Pendidikan Sosiologi Grendi Hendrastomo, pendamping mahasiswa Poerwanti Hadi Pratiwi, M.Si dan puluhan mahasiswa prodi P. Sosiologi yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Sosiologi (HIMA DILOGI), di Ruang Kanopi FIS UNY.

Dalam sambutan selamat datangnya, M. Nurrohman menyampaikan meskipun Prodi Pend. Sosiologi FIS UNY  merupakan prodi baru namun telah mampu meraih berbagai prestasi, khususnya di bidang akademik. “Tak jarang saat wisuda, mahasiswa kami yang diminta maju untuk mendapatkan perhargaan karena mendapatkan IPK terbaik universitas dan meraih waktu studi tercepat, dan tentunya jumlah lulusan yag meraih gelar cumlaude  pun tak sedikit”, tandasnya memprosikan salah prodi yang dipimpinnya.

Sedangkan ketua rombongan UNISMA, Syarifudin, S.Pd menyampaikan bahwa UNY ( dan Prodi Pendidikan Sosiologi FIS )  merupakan Universitas ke 4 yang dikunjungi oleh rombongan yang telah berangkat sejak hari minggu (18/3) lalu.  Ia juga menjelaskan Prodi Pend. Sosoilogi UNISMA merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia Timur, sehinggga  peminatnya sangat banyak, mencapai lebih kurang 1000 orang sedang yang diterima hanya sekitar 200 orang saja. Jadi sama dengan Prodi Pend. Sosiologi di UNY, prodi ini dibuka juga karena melihat peluang kerja yang ada, khususnya untuk pengajar/pengampu bidang studi sosiologi di sekolah (SMA). Dalam kesempatan tersebut Syarifudi juga menyampaikan bahwa mahasiswa UNISMA tidak pernah ikut terlibat dalam bentrok-bentrok mahasiswa Makasar yang sering muncul di media massa baik cetak maupun elektronik.

Sedangkan Grendi menjelaskan tentang salah satu keunggulan dari prodi Sosiologi yang ada di UNY yaitu  adanya mata kuliah pendidikan karakter, sebagai sarana untuk menumbuhkan karakter positif dalam diri mahasiswa. Selain itu dalam  kurikulum, ada mata kuliah pilihan untuk mewadahi mahasiswa yang ingin mendalami salah satu mata kuliah atau bidang. Mahasiswanya juga diwajibkan mengikuti program KKN/PPL yang biasanya di lakukan saat semester pendek dan dilaksanakan di sekolah-sekolah wilayah DIY dan sekitarnya. “Untuk membekali mahasiswa sebelum diterjunkan di KKN/PPL, mahasiswa dilatih terlebih dahulu  di lab. Micro teaching dan mahasiswa harus sudah berhasil mengantongi nilai minimum B sebelum diterjunkan ke lokasi KKN PPL”, tegasnya.

Selain itu mahasiswa prodi Pend. Sosiologi FIS UNY juga dibekali dengan mata kuliah yang diberikan saat Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang meliputi Kultur Sosial (struktur dan proses sosial) saat KKL I, Perubahan Sosial di KKL II dan Deviasi Sosial diberikan di KKL III. Dengan modal yang diberikan tersebut prodi pendidikan Sosiologi FIS UNY diharpakan mampu mencetak calon guru yang handal dan siap mendidik generasi muda yang handal pula. (Sari/ls)