ALTERNATIF BELAJAR YANG MENYENANGKAN DI LABORATORIUM PENDIDIKAN SOSIOLOGI

Sejak memisahkan diri dari Laboratorium Pendidikan Sejarah dua tahun yang lalu, Laboratorium dan Perpustakaan Pendidikan Sosiologi terus berbenah untuk dapat menyediakan fasilitas belajar bagi mahasiswa. Terletak di Gedung G02 tepatnya di lantai satu dan berseberangan dengan Ruang Jurusan Pendidikan Sosiologi UNY, “lab”, begitu mahasiswa sosiologi menyebutnya, sangat mudah ditemukan karena letaknya juga bersebalahan dengan koperasi FIS yang setiap hari ramai dikunjungi mahasiswa.

Laboratorium dan Perpustakaan Jurusan Pendidikan Sosiologi adalah sebuah sarana belajar yang disediakan FIS UNY. Di dalam laboratorium ini banyak terdapat sumber belajar seperti buku, media pembelajaran, sarana wi-fi serta fasilitas lainnya. Mahasiswa dan dosen dapat mengakses berbagai fasilitas di laboratorium. Bahkan tidak jarang kegiatan tutorial dan perkuliahan dilakukan di dalam lab untuk mendapatkan suasana berbeda. Begitu juga dengan mahasiswa yang sangat antusias melakukan aktivitas di lab. Seperti misalnya diskusi, membaca buku, membuat karya seperti film dan media pembelajaran. Dapat dikatakan keberadaan Lab Pendidikan Sosiologi sangat bermanfaat bagi mahasiswa maupun dosen.

Pengurus Laboratorium dan Perpustakaan Pendidikan Sosiologi adalah mahasiswa dengan kepala Lab salah satu dosen Jurusan Pendidikan Sosiologi. Melalui bimbingan Bp. Amika Wardana, Ph.D selaku kepala lab, ada beberapa program menarik yang diselenggarakan lab. Program tersebut contohnya adalah kegiatan Pameran Pendidikan yang diselenggarakan oleh UNY tahun lalu dalam rangka Dies Natalis Emas ke-50. Lab Pendidikan Sosiologi berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan menampilkan pameran media pembelajaran. Beruntung karena stand Jurusan Pendidikan Sosiologi dikunjungi oleh Rektor UNY dan diberikan apresiasi positif. Beliau berpesan agar Lab Pendidikan Sosiologi dapat terus mengembangkan kreativitas melalui berbagai media pembelajaran Sosiologi yang menarik. Selanjutnya adalah program Lomba Pengembangan Media Pembelajaran. Pada kegiatan yang dilaksanakan pada 11 Desember 2014 ini, mahasiswa Pendidikan Sosiologi diberikan kesempatan untuk dapat mempresentasikan karyanya yang terdiri atas ecomedia atau pemanfaatan barang-barang bekas untuk media pembelajaran, Media berbasis Teknologi Informasi, poster dan media pembelajaran kreatif lainnya.

Mahasiswa aktif mengunjungi laboratorium. Selain untuk diskusi, meminjam buku dan melakukan pengembangan media ada banyak mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir skripsi datang mengunjungi lab. Hal ini karena ada banyak referensi serta contoh-contoh skripsi yang ada di lab. Mahasiswa tingkat akhir tersebut juga mengunjungi lab dengan tujuan melakukan pendaftaran bebas lab. Untuk dapat memenuhi syarat bebas lab, mahasiswa diwajibkan menyerahkan salah satu copy skripsi ke lab. Pelayanan kegiatan lab dibuka setiap hari senin-jumat Pkl 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB (lita/end)