Visitasi ASIC di Program Studi Pendidikan Sosiologi

Pada tanggal 19 September 2019, Program Studi Pendidikan Sosiologi mendapatkan kesempatan kunjungan visitasi dari ASIC (Acreditation Service for International School, Colleges & Universities) yang berpusat di Inggris. Visitasi ini sebagai rangkaian visitasi batch 2 oleh ASIC yakni di Pascasarjana dan Fakultas Ilmu Sosial. Menurut Ketua Jurusan Pendidikan Sosiologi, Grendi Hendrastomo, visitasi ASIC batch 2 ini dimulai pada tanggal 16 September 2019 hingga 19 September 2019 yang dimulai di Pascasarjana kemudian dilanjutkan di Fakultas Ilmu Sosial. Dalam kesempatan visitasi ASIC kali ini, Program Studi Pendidikan Sosiologi divisitasi bersama dengan program studi lain di Fakultas Ilmu Sosial yakni Program Studi Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Visitasi ASIC ini dilakukan oleh dua orang inspector yang langsung datang dari Inggris yakni Lee Hammond selaku CEO ASIC dan Osman Suleman selaku inspector ASIC. Tujuan dari adanya ASIC ini seiring dengan visi UNY yang unggul, kreatif dan inovatif serta menjadi universitas kelas dunia pada tahun 2025. Untuk mewujudkan visi tersebut UNY harus memiliki kualitas dengan standar Internasional. ASIC sendiri menurut Lee Hammond adalah sebuah badan akreditasi independen yang disetujui pemerintah yang berspesialisasi dalam akreditasi sekolah, perguruan tinggi, universitas, organisasi pelatihan dan penyedia pendidikan online dan jarak jauh baik di Inggris maupun di luar negeri. Lanjut Lee bahwa akreditasi ASIC diakui oleh UK Visas & Immigration (UKVI), bagian dari Home Office, sebagai persyaratan kualifikasi untuk institusi UK yang ingin mendaftarkan siswa internasional (dari luar Wilayah Ekonomi Eropa (EEA) dan Swiss) dalam jangka pendek visa belajar dan visa Pengunjung Standar.

Visitasi ASIC kali ini berlangsung selama satu hari penuh di Fakultas Ilmu Sosial. Dari visitasi ini, diharapkan menjadi standar peningkatan kualitas untuk mendorong prodi pendidikan sosiologi semakin go internasional. Selain itu kualitas akademik dan non akademik semakin meningkat dari tahun ke tahun untuk menghasilkan lulusan yang unggul. (DT)