SOSIALISASI KURIKULUM MBKM DAN WORKSHOP PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBALAJARAN BERBASIS TEAM BASED PROJECT DAN/ATAU CASE METHOD SEBAGAI SALAH SATU PELAKSANAAN PROGRAM CENTER OF EXCELLENCE PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI

Kamis, 17 Juni 2021 Prodi Pendidikan Sosiologi mengadakan kegiatan sosialisasi kurikulum MBKM dan workshop pengembangan perangkat pembelajaran sebagai salah satu rangkaian kegiatan Center of Excellence (CoE) pada tahun 2021. Kegiatan ini diinisiasi oleh pemikiran bahwa Prodi Pendidikan Sosiologi yang telah berkempatan mengembangkan Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka dengan memperoleh Hibah MBKM dan Hibah CoE, perlu membagi pengalaman dan diskusi dengan program studi lain di Fakultas Ilmu Sosial. Harapannya dengan saling berbagi pengalaman dan melakukan diskusi, seluruh program studi dapat sama-sama mengembangkan dan mengimplementasikan Kurikulum MBKM mulai semester Gasal Tahun Ajaran 2021/2022. Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka Prodi Pendidikan Sosiologi mengadakan Sosialisasi Kurikulum MBKM dan Workshop Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Team Based Project dan/atau Case Methode bagi seluruh program studi di FIS, yang dilaksanakan di Porta Hotel Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Wagiran selaku Narasumber, Dekan dan Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerja Sama FIS,  Koorprodi dan Tim Kurikulum masing-masing prodi, Perwakilan Tim Penjaminan Mutu Fakultas, dan seluruh dosen di Prodi Pendidikan Sosiologi.

Acara dimulai dengan pembukaan dan sambutan dan arahan dari Koorprodi Pendidikan Sosiologi, Dekan FIS dan Wakil Rektor Bidang Akademik. Selanjutnya, penyampaian materi tentang penyusunan dan implementasi kurikulum MBKM yang telah dilaksanakan oleh Prodi Pendidikan Sosiologi disampaikan oleh Bapak Grendi Hendrastomo, M.M.,M.A. selaku Ketua Task Force CoE dan oleh Bapak Dr. Amika Wardana selaku salah satu tim kurikulum Prodi. Dalam kesempatan ini, pemateri menyampaikan tentang bagaimana alur penyusunan kurikulum MBKM, mulai dari penentuan profil lulusan yang kemudian menjadi dasar penenuan mata kuliah dan capaian pembelajaran lulusan. Selanjutnya, disampaikan tanggapan dari Dr. Wagiran selaku narasumber yang juga memberikan materi tentang alur penyusunan kurikulum MBKM yang disesuaikan dengan karakteristik dan profil lulusan masing-masing prodi. Dalam kesempatan ini, muncul diskusi dari beberapa prodi tentang kendala dalam penyusunan dan implementasi kurikulum MBKM, yang kemudian ditanggapi oleh narasumber dan juga tim kurikulum dari Prodi Pendidikan Sosiologi. Acara selanjutnya yaitu presentasi draft perangkat pembelajaran berbasis Team Based Project dan/atau Case Method yang telah disusun oleh Prodi Pendidikan Sosiologi, dan disampaikan oleh Ibu Nur Endah Januarti, M.A. selaku anggota tim Task Force CoE dan juga tim kurikulum prodi. Narsumber juga memberikan tanggapan dan masukkan untuk draft perangkat pembelajaran yang telah dirancang, yang kemudian ditanggapi juga oleh peserta dalam kegiaan ini.  Harapannya, dengan adanya diskusi dan sharing praktik baik ini, akan menjadi stimulus untuk seluruh prodi di Fakultas Ilmu Sosial dapat mengembangkan dan mengimplementasikan Kurikulum MBKM secara bersinergi dan bekerja sama.

Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah agar setiap prodi dapat mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Team Based Project dan/atau Case Method, yang kemudian akan diakhiri dengan diseminasi implementasi kurikulum MBKM pada bulan November nanti.