PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI UNY KEMBALI MENJADI JUARA UMUM KOMPENSANTI UNTUK KETIGA KALINYA

Sabtu, 17 Oktober 2020 lalu menjadi salah satu momen bangga yang dirasakan Prodi Pendidikan Sosiologi serta mahasiswa , pasalnya hari tersebut merupakan hari pelaksanaan Grand Final lomba Kompensanti (Kompetisi Nasional Mahasiswa Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia) Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh APPSANTI (Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi  dan Antropologi Indonesia), dengan mengadakan serangkaian lomba mulai tanggal 05 oktober hingga 17 Oktober 2020, di Universitas Negeri Makasar.  Serangkaian lomba tersebut dilakukan secara daring, mulai dari tahap pengumpulan hingga grand final, yang terdiri dari 3 mata lomba, diantaranya: (1) lomba essay nasional; (2) lomba desain seri poster digital nasional; dan (3) lomba video analisis social. Pada kompensanti tahun ini, tim dari Prodi Pendidikan Sosiologi UNY mengirimkan 6 tim untuk mengikuti ketiga mata Lomba tersebut. Kelima tim terdiri dari Devanda dkk (Angkatan 2018) mengikuti lomba poster digital, Annisa Nurul (2019) dkk, Embun Ayudya (2018) dkk, dan Khairunnisak (2017) dkk mengikuti lomba essay, serta Puja Agung (2019) dkk dan Ni Luh Sriyani (2018) dkk yang mengikuti lomba video analisis social. Serangkaian lomba telah dilakukan mulai tanggak 05 Oktober untuk proses pengumpulan baik essay, video analisis, maupun poster digital.

Penilaian setiap mata lomba dilakukan oleh beberapa dosen dari universitas anggota APPSANTI secara terbuka dan professional. Penilaian lomba video analisis social dan poser digital telah terlebih dahulu dilakukan, sedangkan penentuan pemenang lomba essay dilakukan pasca presentasi dari tim yang lolos 6 besar, dan kemudian melakukan presentasi pada Grand Final Kompensanti yang dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2020.  2 tim lomba essay nasional dari Prodi Pendidikan Sosiologi UNY berhasil lolos 6 besar sehingga berkesempatan mengikuti grand final Bersama tim dari universitas lain. Kedua tim tersebut adalah tim dari Anisa Nurul dan Embun Ayudya, serta tim Khairunnisak dan Riselda Jandi. Pelaksanaan grand final dengan menyaksikan presentasi dari masing-masing peserta dan tanya jawab dengan dewan juri berlangsung meriah, walaupun harus dilakukan secara daring. Kedua tim dari UNY, mendapatkan nomor undian pertama dan kedua untuk presentasi, sehingga anggota tim sempat merasakan grogi namun tidak mengurangi semangat untuk memberikan performa terbaik.

Pelaksanaan presnetasi keenam tim lomba essay selesai, menandakan pengumuman juara setiap lomba dan juara umum segera dilakukan. Hattrick untuk ketiga kalinya, Prodi Pendidikan Sosiologi UNY kembali menjadi juara umum untuk Kompensanti 2020, dengan mengantongi 4 juara yaitu:

  • Juara 1 Artikel Ilmiah dan Presentasi --> Tim Embun Ayudya (2018) dan Annisa Nurul (2019)
  • Juara 1 Video Analisis Masalah Sosial --> Tim Ni Luh Sriyani (2018) dan Luthfi Nur'aini (2018)
  • Best Paper Artikel Ilmiah -->Tim Embun Ayudya (2018 ) dan Anisa Nurul (2019)
  • Best Presenter Artikel Ilmiah --> Tim Khairunnisak (2017) dan Riselda Jandi (2016)

Selamat kepada semua tim dari Prodi Pendidikan Sosiologi, baik yang sudah menang maupun yang belum berkesempatan untuk menang. Terima kasih sudah berupaya maksimal dalam mengikuti Kompensanti 2020. Pada akhirnya, proses ini bukan hanya sekedar tentang kejuaraan, melainkan tentang proses bertumbuh dan mengeksplorasi bakat pada diri mahasiswa. Semangat berkarya selalu Dilogi Muda...