MENGULANG JUARA DALAM LAUNCHING DIES NATALIES FIS UNY KE-54

Hari Jumat, 16 Agustus 2019 menjadi hari resmi dimulainya serangkaian acara Dies Natalis FIS UNY ke-54 yang jatuh pada tanggal 13 September 2019. Acara launching Dies Natalis ini dilaksanakan dengan berbagai acara yang dimeriahkan oleh seluruh jurusan di FIS, dan melibatkan mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, maupun jajaran pimpinan. Acara launching dibuka oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd Bersama dekan FIS Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag yang memukul kentongan secara bersama-sama dengan dosen lainnya, sebagai tanda bahwa rangkaian Dies Natalis FIS ke-54 telah dimulai. Rektor memberikan sambutan mengenai pentingnya berinovasi dalam Pendidikan, sejalan dengan tema Dies Natalis FIS tahun ini yaitu ““Urgensi Inovasi dalam Ilmu-Ilmu Sosial”. Acara ini diikuti oleh semua jurusan, termasuk jurusan Pendidikan Sosiologi yang melibatkan mahasiswa dan dosen.

Acara Launching Dies Natalies FIS ini dimulai dengan senam Bersama, dilanjutkan dengan pemukulan kentongan sebagai tanda pembukaan rangkaian Dies Natalis, kemudian pembagian doorprize dan lomba-lomba. Kegiatan lomba yang dilaksanakan antara lain lomba senam tobelo, lomba tebak gaya, lomba mukbang, lomba make up, dan lomba yel-yel. Dalam kesempatan kali ini, Jurusan Pendidikan Sosiologi kembali bisa mempertahankan juara pertama dalam lomba senam tobelo dengan menggunakan kostum dari damen atau padi yang sudah kering. Jurusan Pendidikan Sosiologi mengirim 2 tim yang terdiri dari dosen dan mahasiswa guna ikut menyemarakkan acara launching Dies Natalies tersebut. Dalam kegiatan lomba lain, mahasiswa Jurusan Pendidikan Sosiologi juga meraih juara seperti juara 1 lomba tebak gaya, dan juara 3 lomba mukbang/makan banyak.

Juara dalam beberapa lomba yang diadakan bukan hanya menyoal hadial dalam bentuk material, tetapi lebih kepada mengasah jiwa sportivitas dan kekompakan kelompok, serta memunculkan jiwa kreativitas mahasiswa. Selain itu, hal ini juga menunjukkan bagaimana antusiasme mahasiswa berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh fakultas. Acara Launching Dies Natalies ditutup dengan kegiatan pembagian doorprize dan makan bersama yang disediakan oleh pihak fakultas. Makanan yang tersedia berupa berbagai macam makanan tradisional dan disajikan menggunakan tampah, yang menunjukkan pentingnya pelestarian kebudayaan local, termasuk makanan. (Sasiana)