Babak Baru Hima Dilogi dalam Sidang Umum 2019

Sidang Umum Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi atau yang biasa disingkat SU Hima Dilogi dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, tepatnya pada tanggal 19 dan 20 Januari 2019. Sidang Umum Hima Dilogi bertempat di ruang Cut Nyak Dien Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta. Pada hari pertama, kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB yang di awali dengan pembukaan oleh Master of Ceremony, kemudian menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sekaligus Hymne Universitas Negeri Yogyakarta, serta dilanjutkan dengan beberapa sambutan. Sambutan disampaikan diantaranya oleh Nuurul Amri selaku Ketua Panitia Sidang Umum, sambutan oleh Bapak Grendi Hendrastomo MM.MA selaku Kepala Jurusan Pendidikan Sosiologi, dan sambutan sekaligus pembukaan Sidang Umum Hima Dilogi oleh Bapak Nur Rokhman M.Pd selaku Wakil Dekan III FIS UNY, kemudian acara pembukaan Sidang Umum Hima Dilogi ditutup foto bersama dengan Ketua Jurusan Pendidikan Sosiologi, Dosen Pendamping Hima Dilogi, dan Bapak Wakil Dekan III FIS UNY yang hadir pada saat pembukaan itu. Sidang Umum Hima Dilogi dari dihadiri oleh pengurus Hima Dilogi, Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO), perwakilan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi, dan perwakilan Ormawa FIS.

Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu 19 Januari 2019 diantaranya pembacaan Tata Tertib Sidang Umum oleh Presidium atau Pimpinan Sidang, penyampaian Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) oleh Pengurus Inti dan Pengurus Harian Hima Dilogi periode 2018, tanya jawab audience, penilaian LPJ yang dipimpin oleh MPO sekaligus rekomendasi untuk kepengurusan berikutnya, dan serah terima jabatan ketua hima periode 2018 Firgiawan Aldabi kepada ketua hima periode 2019 Septa Dwi Nugroho. Adapun esensi dari diadakannya Sidang Umum adalah untuk melaporkan pertanggung jawaban kepengurusan periode 2018 sekaligus pendemisioneran dan penetapan ketua pengurus Hima Dilogi periode 2019 dilanjutkan pembahasan Peraturan Dasar / Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT) dan Garis Besar Haluan Kerja (GBHK) untuk kepengurusan periode selanjutnya.

Membahas terkait Sidang Umum organisasi kemahasiswaan, erat kaitannya dengan evaluasi rangkaian kegiatan program kerja dan kinerja pengurus pada periode yang baru saja berakhir. Selain itu, Sidang Umum juga berkaitan dengan target atau tujuan yang akan dijalankan oleh kepengurusan selanjutnya pada suatu organisasi. Begitupun halnya dengan Sidang Umum Hima Dilogi yang berjalan kondusif dan cukup menegangkan. Setiap rangkaian kegiatan program kerja yang telah terlaksana dan kinerja pengurus dalam satu periode kepengurusan Hima Dilogi dipertanggungjawabkan pada kegiatan ini, hingga pelaksanaan Sidang Umum pada hari pertama selesai sekitar pukul 16.00 WIB.

Pada hari kedua, diadakan pembahasan Peraturan Dasar / Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT) serta Garis Besar Haluan Kerja (GBHK) Hima Dilogi. Dalam pembahasan ini terdapat beberapa perubahan baik redaksi maupun isi. Selain itu terdapat penambahan dan atau pengurangan isi dalam pasal yang disesuaikan dengan kebutuhan saat ini. Perubahan yang terjadi yaitu penghapusan MPO yang di musyawarahkan pada saat itu oleh pengurus periode 2018 dan juga atas rekomendasi MPO pada hari sebelumnya karena dirasa tidak perlu dan tidak berfungsi.

Dalam pembahasan ini juga terjadi perubahan nama dua divisi diantaranya Divisi Pers dan Jurnalistik (Divisi Persjur) dan Divisi Penelitian. Divisi Persjur berganti nama menjadi Divisi Media Komunikasi dan Informasi (Divisi Medkominfo) sementara Divisi Penelitian berganti nama menjadi Divisi Penalaran dan Pengembangan Mahasiswa (Divisi PPM). Perubahan nama ini disesuaikan pada kerelevanan kerja divisi dan didasarkan pada beberapa pertimbangan, serta diharapkan mampu mewadahi minat dan bakat serta aspirasi Mahasiswa Pendidikan Sosiologi.

Sidang Umum ini diakhiri sekitar pukul 15.30 WIB dengan ditandanganinya dokumen hasil pembahasan sidang PD/PRT dan GBHK serta penutupan sidang. Kemudian selepas acara ditutup, terdapat sesi foto bersama dan evaluasi lalu pembubaran kepanitiaan Sidang Umum Hima Dilogi tahun 2019. (Laras-Ismi)