ALUMNI PENDIDIKAN SOSIOLOGI BERIKAN MATERI TENTANG TIPS MEMPEROLEH BEASISWA LPDP

Kesempatan untuk mengakses pendidikan hingga jenjang S3 kini semakin terbuka bagi seluruh masyarakat tanpa terbatas biaya maupun informasi. Terdapat banyak beasiswa yang disediakan baik oleh pemerintah maupun pihak swasta, guna mendukung perbaikan tingkat Pendidikan dimulai dari jenjang S1 hingga S3, baik di dalam maupun luar negeri. Salah satu beasiswa yang kini banyak diminati oleh masyarakat adalah beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan), yang menyediakan beasiswa secara penuh (biaya kuliah dan biaya hidup) untuk jenjang S2 dan S3. Beasiswa LPDP ini sifatnya kompetitif, sehingga harus melengkapi berbagai persayaratan dan lolos beberapa tahapan tes hingga akhirnya ditetapkan sebagai penerima beasiswa atau LPDP Awardee. Salah satu Alumni Jurusan Pendidikan Sosiologi yang juga menjadi penerima beasiswa LPDP adalah Edy Purwanto (angkatan 2010), yang mendapatkan beasiswa S2 di Universitas Gadjah Mada pada tahun 2016 dan telah menyelesaikan studi pada tahun 2018.

Pada sebuah kesempatan, Edy,  sapaan untuk alumni asal Purworejo ini  memberikan materi tentang Tips dan Trik untuk mendapatkan beasiswa LPDP pada salah satu Lembaga konsultasn Pendidikan yaitu NIEC (Naresy Internastional Education Consultant). NIEC merupakan lembaga konsultan pendidikan Internasional yang berkantor cabang di Yogyakarta beberapa hari lalu sukses menyelenggarakan info session yang bertajuk “Tips and Trick LPDP Scholarship”. Forum yang dihadiri oleh Edy Purwanto S.Pd.,M.A sebagai Speaker (pengisi acara) berhasil menarik puluhan peserta yang datang dari berbagai kampus di Yogyakarta dan sekitarnya. Sebanyak 30 Mahasiswa yang hadir dari kampus UNY, UIN, UGM, Atmajaya Yogyakarta, Stiper, UPN, ITY dan sejumlah kampus lainnya di Yogyakarta. NIEC mengusung tema tersebut dengan melihat begitu banyak mahasiswa di luar sana yang berkeinginan untuk studi lanjut ke jenjang Magister (master) dan doctoral (doctor) baik di dalam maupun di luar negeri.

Edy Purwanto S.Pd.,M.A sebagai alumni Pendidikan Sosiologi UNY yang juga sebagai salah satu penerima manfaat beasiswa LPDP sangat senang bisa diundang sebagai speakers dalam forum akademis tersebut dan berharap ada banyak Mahasiswa diluar sana yang dapat meraih mimpinya untuk studi dengan dukungan beasiswa LPDP. Forum yang berlangsung pada Sabtu 31 Agustus 2019 yang berlokasi di Bintaran Kidul No. 34 Yogyakarta dengan durasi selama 3 jam, berhasil menyita perhatian peserta yang hadir. Berbagai pertanyaan seputar kuliah, beasiswa, hingga bagaimana menyusun aplikasi lamaran menjadi bahasan yang begitu detail dan mengalir. Sejumlah peserta yang mayoritas berada di semester akhir perkuliahan tersebut berkeinginan untuk studi lanjut di USA, Australia, dan Eropa serta sebagian juga ada yang yang berkeinginan studi lanjut di dalam negeri. Para peserta forum berharap mendapat banyak masukan dan pengalaman dari saudara Edy karena sebagian dari mereka akan memulai untuk mengirimkan lamaran beasiswa di tahun ini. Tidak tanggung-tanggung sebagian dari mereka juga akan mendapat kesempatan “coaching/mentoring” langsung dari saudara Edy Purwanto untuk mempersiapkan diri hingga akhirnya dapat diterima sebagai penerima manfaat beasiswa LPDP dari pemerintah Indonesia. (Edy dan Sasiana)